Just copy paste blog To make a real business
SWOT Kunci Kesuksesan Produk Anda |
shyhtzong
No comment
Filed under
Pemasaran
|
Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran, ada baiknya jika Anda mengetahui kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk Anda. Sebab tanpa informasi tersebut, Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada, minat pasar akan produk Anda, apa saja peluang pasar yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk, serta tingginya tingkat persaingan pasar saat ini. Maka dari itu, adanya analisa produk sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda menawarkan produk tersebut.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi produk mereka, sebelum akhirnya mereka menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk produknya.
Beberapa faktor SWOT yang dapat digunakan untuk menganalisa sebuah produk antara lain :
1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang menarik, harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain itu support dari team maupun manajemen, serta dukungan teknologi untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk yang berkualitas dan mampu bersaing.
2. Kelemahan (Weakness)
Selain kekuatan, faktor internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja seperti ketahanan masa expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal, proses produksi dan distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih kurang, atau kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk yaitu, berbagai media massa yang dapat digunakan sebagai media iklan, adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM dengan mengadakan berbagai event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin konsumtif. Sehingga mempermudah pelaku usaha untuk memasarkan produknya.
4. Ancaman (Threats)
Yang keempat yaitu adanya ancaman dari pihak luar. Seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya.
Dengan mengetahui hasil analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada produk yang Anda ciptakan, selanjutnya Anda dapat menentukan strategi apa yang paling tepat untuk meningkatkan pemasaran produk. Semoga informasi “SWOT kunci kesuksesan produk Anda” bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses.
Info terkait :
- Strategi penetapan harga
- Strategi pemasaran word of mouth
- Strategi penetapan target pasar
- Strategi promosi melalui pameran
- Strategi pemasaran bagi produk baru
Original Post : http://bisnisukm.com/swot-kunci-kesuksesan-produk-anda.html
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi produk mereka, sebelum akhirnya mereka menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk produknya.
Beberapa faktor SWOT yang dapat digunakan untuk menganalisa sebuah produk antara lain :
1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang menarik, harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain itu support dari team maupun manajemen, serta dukungan teknologi untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk yang berkualitas dan mampu bersaing.
2. Kelemahan (Weakness)
Selain kekuatan, faktor internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja seperti ketahanan masa expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal, proses produksi dan distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih kurang, atau kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk yaitu, berbagai media massa yang dapat digunakan sebagai media iklan, adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM dengan mengadakan berbagai event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin konsumtif. Sehingga mempermudah pelaku usaha untuk memasarkan produknya.
4. Ancaman (Threats)
Yang keempat yaitu adanya ancaman dari pihak luar. Seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya.
Dengan mengetahui hasil analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada produk yang Anda ciptakan, selanjutnya Anda dapat menentukan strategi apa yang paling tepat untuk meningkatkan pemasaran produk. Semoga informasi “SWOT kunci kesuksesan produk Anda” bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses.
Info terkait :
- Strategi penetapan harga
- Strategi pemasaran word of mouth
- Strategi penetapan target pasar
- Strategi promosi melalui pameran
- Strategi pemasaran bagi produk baru
Original Post : http://bisnisukm.com/swot-kunci-kesuksesan-produk-anda.html
About this blogger theme
Save the Queen blogspot template is the first template I have created. This is free, supported and ready for download. If you have any questions feel free to leave your comment on my weblog. Hope you like it. Enjoy!
Save the Queen blogspot template is the first template I have created. This is free, supported and ready for download. If you have any questions feel free to leave your comment on my weblog. Hope you like it. Enjoy!
Related Posts
No comment yet
SWOT Kunci Kesuksesan Produk Anda
SWOT Kunci Kesuksesan Produk Anda
-
Salah satu makanan asli Cina yang berhasil mencuri hati masyarakat Indonesia adalah mie. Makanan yang memiliki tekstur kenyal ini, telah d...
-
Sosok pria satu ini sangat sederhana. Saat ditemui bersama rombongan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat UKM di tempat kerjanya, Desa Tuguk...
-
Usaha jasa penggilingan padi umumnya tidak berjalan penuh sepanjang tahun atau bersifat musiman, sebab gabah tidak tersedia sepanjang tahu...
-
Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Peluang usaha ternak ayam kampung memiliki nilai tersendiri di tengah gencarnya ternak ayam pedaging (...
-
Beras adalah makanan pokok orang Indonesia dan beberapa Negara Asia lainnya, Setiap harinya, rumah tangga memerlukan beras untuk dikonsums...
About Me
- shyhtzong
- Hwaseong City
- Hampir seluruh isi dari blog ini adalah copy paste sebagai kumpulan bahan yang di perlukan author dan bersifat untuk pengembangan pribadi
- Peluang bisnis (8)
- Pemasaran (5)
- Sosok Entrepreneur (1)
- Tips - Motivasi bisnis (12)
- Usaha ternak (4)
Add your comment below